Pertanyaan Umum

Bagaimana saya mulai berjualan dengan Grosenia?

Grosenia adalah platform B2B grosir yang dirancang khusus untuk UMKM di Indonesia. Kami membawa pedagang grosir, pengecer dan produsen di Indonesia ke dalam satu platform. Dengan fitur-fitur yang disesuaikan terhadap kultur dan tradisi perdagangan grosir, Grosenia bertujuan untuk membantu mengembangkan bisnis UMKM di Indonesia.

Untuk mulai berjualan dengan Grosenia, Anda pertama-tama harus mendaftarkan diri sebagai pembeli dengan mengunduh aplikasi Grosenia di Google Play Store. Setelah masuk, Anda tinggal mendaftarkan diri sebagai Penjual dengan memasukkan data-data bisnis dan toko Anda, seperti nama toko, NPWP, alamat, dan sebagainya. Karena Grosenia adalah platform marketplace khusus bisnis, maka hanya penjual yang memiliki atau bekerja di bisnis dan toko yang dapat berjualan di platform.

Bagaimana cara saya berjualan secara grosir di Grosenia?

Sebagai platform grosir, penjual di Grosenia bebas untuk menentukan MOQ (Minimum Order Quantity) atau Jumlah Pesanan Minimum tertentu. Selain itu, Grosenia memiliki fitur negosiasi lewat chat dimana penjual dan pembeli dapat menegosiasikan harga dan jumlah pembelian yang berbeda dengan yang tertera di listing terbuka. Segala ketentuan seperti jumlah dan harga yang disetujui antara penjual dan pembeli dalam sebuah transaksi bersifat rahasia dan hanya akan diketahui oleh penjual dan pembeli tersebut.

Bagaimana proses pembayaran atas barang yang saya jual di Grosenia?

Berdagang di Grosenia sangatlah mudah dan aman. Proses pembayaran di Grosenia difasilitasi oleh Payment Gateway yang aman dan terpercaya. Pembayaran dapat dilakukan dengan bank transfer atau secara tunai (Cash on Delivery atau COD).

Setelah penjual dan pembeli sepakat dalam sebuah negosiasi dan setuju untuk melakukan transaksi, maka penjual akan mendapatkan konfirmasi pada saat pembeli telah melakukan pembayaran. Kurir yang telah ditunjuk oleh pembeli akan mengambil barang dari tempat yang ditunjuk oleh penjual.

Setelah barang sampai di tempat tujuan dan diterima oleh pembeli, maka periode pengembalian/penukaran akan bergulir. Setelah periode tersebut selesai dan transaksi dinyatakan final, maka dana yang ditransfer pembeli akan dapat diambil oleh penjual dari platform. Prakteknya, penjual akan mendapatkan dana tersebut 2-3 hari setelah barang sampai di tujuan, kecuali apabila ada permintaan untuk pengembalian/penukaran.

Bagaimana cara saya mendaftarkan barang-barang saya di Grosenia?

Kami sadar atas kesibukan para penjual di Grosenia. Untuk itu, fitur aplikasi Grosenia telah kami desain semudah dan sesederhana mungkin untuk digunakan oleh setiap orang. Walaupun demikian, tim Grosenia akan dengan senang hati membantu Anda dalam proses pendaftaran barang-barang. Silahkan hubungi Customer Support kami melalu email atau WhatsApp yang telah tersedia di laman kami.

Siapa yang membayar kurir?

Pembeli bertanggung jawab untuk membayar jasa kurir untuk transaksi di Grosenia.

Berapa lama kurir mengirimkan produk yang dipesan?

Lama pengantaran produk bergantung pada lokasi penjual dan pembeli.

Di mana saya bisa melihat pesanan yang telah dipesan?

Anda dapat melihat semua pesanan Anda di layar 'Pesanan Saya'.

Bisakah saya melacak pengiriman saya? Bagaimana cara melacak kemajuan dalam pemrosesan pesanan?

Anda dapat melacak status pesanan Anda dari halaman Pesanan Saya. Klik pesanan apa pun untuk melihat detailnya.

Bagaimana kebijakan pengembalian/penukaran di Grosenia?

Sebagai platform, Grosenia mementukan kebijakan minimum perihal pengembalian dan penukaran untuk transaksi di platform. Kebijakan ini berbeda-beda, tergantung kategori dan produk yang bersangkutan. Namun, penjual berhak menentukan kebijakan sendiri di atas kebijakan minimum yang ditentukan oleh Grosenia. Secara umum, pengembalian atau penukaran hanya akan dapat dilakukan apabila barang rusak atau tidak sesuai dengan pesanan akibat kesalahan penjual. Perubahan pemesanan dari sisi pembeli tidak dapat dilakukan setelah pembayaran telah dilakukan.

Apabila ada pengembalian/penukaran akibat kesalahan penjual, maka penjual akan bertanggung jawab atas pembayaran jasa kurir untuk proses pengembalian/penukaran tersebut. Apabila setelah ada pengecekan permintaan pengembalian/penukaran Pembeli tidak memenuhi syarat dan ketentuan Grosenia, maka biaya pengiriman pengembalian/penukaran akan menjadi tanggung jawab pembeli.

Kapan saya akan mendapatkan pembayaran dari penjualan saya di Grosenia?

Saldo penjual di Grosenia akan bertambah pada saat penjual melakukan pengiriman produk ke pembeli. Saldo tersebut akan dapat ditarik dan ditransfer ke rekening bank penjual yang tercantum di Grosenia setelah produk tersebut sampai ke pembeli dan periode penukaran/pengembalian selesai, kurang lebih 2-3 hari setelah barang diterima pembeli, kecuali apabila ada klaim penukaran/pengembalian dari pembeli.

Bagaimana saya memulai membeli dengan Grosenia?

Grosenia adalah platform B2B grosir yang dirancang khusus untuk UMKM di Indonesia. Kami membawa pedagang grosir, pengecer dan produsen di Indonesia ke dalam satu platform. Dengan fitur-fitur yang disesuaikan terhadap kultur dan tradisi perdagangan grosir, Grosenia bertujuan untuk membantu mengembangkan bisnis UMKM di Indonesia.

Untuk mulai membeli dengan Grosenia, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Grosenia di Google Play Store dan mendaftarkan bisnis Anda. Setelah terdaftar, Anda akan memiliki akses ke semua pilihan barang grosir dari penjual dari seluruh Indonesia.

Di mana saya dapat mengunduh Aplikasi Grosenia?

Anda dapat mengunduh Aplikasi Grosenia dari Google Play Store.

Bagaimana cara saya mendaftar? Apakah ada persyaratan khusus untuk mendaftar di Grosenia?

Anda dapat mendaftar dengan nomor ponsel dan OTP Anda. Setelah Anda memasukkan nomor ponsel dan OTP, proses pendaftaran akan dimulai. Karena Grosenia adalah platform marketplace khusus bisnis, satu-satunya syarat untuk mendaftar dengan Grosenia adalah Anda memiliki atau bekerja di bisnis atau toko.

Mengingat sifat transaksi yang berorientasi perdagangan grosir, konsumen akhir bukanlah pasar yang cocok untuk platform Grosenia.

Bagaimana saya melakukan pembelian di Grosenia?

Anda dapat membeli / berjualan di Grosenia menggunakan aplikasi Grosenia.
Jika Anda adalah pembeli baru, Anda dapat menemukan pilihan dengan cara-cara berikut:

  • Buka tab 'Cari', cari produk Anda. Kami telah merancang system pencarian dan filter yang terbaik untuk dengan cepat membawa Anda ke berbagai macam produk relevan yang tersedia di Grosenia.
  • Pada tab yang sama, Anda juga dapat mencari penjual (seperti produsen, grosir, distributor) dan chat dengan mereka untuk menjelajahi pilihan mereka.

Anda cukup mengklik tombol 'Beli Sekarang' untuk membeli produk yang ditampilkan, atau ‘Chat’ untuk mulai mengobrol dengan Pedagang untuk negosiasi harga dan lainnya.

Saya tidak dapat menambahkan produk ke troli. Dikatakan MOQ / Kuantitas Minimum tidak terpenuhi? Apa MOQ / Kuantitas Minimum?

MOQ (Minimum Order Quantity) atau Jumlah Pesanan Minimum diatur oleh penjual dan dapat berbeda untuk berbagai produk / kategori.

Pembeli harus membeli setidaknya MOQ yang disebutkan untuk melanjutkan perdagangan. Silakan chat dengan penjual untuk memahami apakah penjual bersedia mengizinkan perdagangan produknya dengan MOQ lebih rendah.

Bagaimana saya melakukan pembayaran untuk pembelian saya di Grosenia?

Proses pembayaran di Grosenia difasilitasi oleh Payment Gateway yang aman dan terpercaya. Anda dapat membayar melalui transfer bank (cara terbaik dan paling praktis) pada akhir proses pemesanan atau secara tunai (Cash on Delivery atau COD) setelah pesanan sampai tujuan.

Bagaimana saya mendapatkan produk yang dibeli? Siapa yang menyediakan layanan kurir?

Sebagai pembeli, Anda tidak perlu khawatir untuk mengatur jasa kurir untuk mengambil dan mengirimkan pesanan Anda. Grosenia bekerja dengan kurir pihak ketiga terpercaya untuk memastikan bahwa produk Anda dikirimkan dengan aman, akurat dan tepat waktu.

Siapa yang membayar kurir?

Sebagai pembeli, Anda bertanggung jawab untuk membayar jasa kurir. Silakan periksa Halaman Pesanan Ulasan untuk mendapatkan perkiraan biaya logistik.

Nantikan promo-promo menarik dari Grosenia yang dapat memberikan keringangan terhadap biaya jasa kurir untuk waktu yang terbatas.

Kapan saya harus membayar untuk kurir?

Biaya kurir harus dibayarkan bersamaan dengan pembayaran pesanan kepada penjual. Anda dapat memeriksa biaya pengiriman / logistik di halaman pemesanan.

Berapa lama kurir mengirimkan produk?

Lama pengiriman produk bergantung pada lokasi penjual dan pembeli.

Di mana saya bisa melihat pesanan yang telah saya tempatkan?

Anda dapat melihat semua pesanan Anda di layar 'Pesanan Saya'.

Bisakah saya melacak pengiriman saya? Bagaimana cara melacak kemajuan dalam pemrosesan pesanan?

Anda dapat melacak status pesanan Anda dari halaman Pesanan Saya. Klik pesanan apa pun untuk melihat detailnya.

Bagaimana kebijakan pengembalian/penukaran di Grosenia?

Kebijakan pengembalian dan penukaran di Grosenia tertera dengan jelas di masing-masing listing di platform. Kebijakan tersebut diatur oleh penjual masing-masing dan dapat berbeda untuk berbagai produk / kategori. Silahkan chat dengan penjual untuk mengkonfirmasi kebijakan tersebut sebelum melakukan pembelian.

Apabila ada pengembalian/penukaran akibat kesalahan penjual, maka penjual akan bertanggung jawab atas pembayaran jasa kurir untuk proses pengembalian/penukaran tersebut. Apabila setelah ada pengecekan permintaan pengembalian/penukaran Pembeli tidak memenuhi syarat dan ketentuan Grosenia, maka biaya pengiriman pengembalian/penukaran akan menjadi tanggung jawab pembeli.